TUGAS
rancangan pengumpulan data
penelitian kualitatif
PENELITIAN KUALITATIF
OLEH
MARINUS PURBA
PRODI
ADMINISTRASI PENDIDIKAN KONSENTRASI KEPENGAWASAN
PROGRAM
PASCASARJANA
UNIVERSITAS
NEGERI MEDAN
2016
A.
Judul :
“IMPLEMENTASI PERMENDIKNAS NO.
12 TAHUN 2007 TENTANG
STANDAR PENGAWAS SEKOLAH MENENGAH ATAS DI KABUPATEN DELI SERDANG”
B.
Fokus Penelitian :
Bertitik tolak dari fenomena umum
di atas, maka yang menjadi fokus masalah didalam implementasi Permendiknas No.
12 Tahun 2007 tentang Standar Pengawas Sekolah
Menengah Atas di kabupaten Deli Serdang
dalam penelitian ini adalah :
1.
Bagaimana Pengawas Sekolah Menengah Atas mengimplementasikan
Permendiknas No. 12 Tahun 2007 di
kabupaten Deli Serdang
2.
Bagaimana perekrutan Pengawas Menengah Atas di
kabupaten Deli Serdang
3.
Bagaimana pemahaman dan wawasan tentang
kopetensi pengawas Sekolah Menengah Atas di kabupaten Deli Serdang.
C.
Tujuan Penelitian
Berdasarkan fokus penelitian, maka
tujuan penelitian ini adalah :
1.
Untuk mengetahui sejauh mana Pengawas Sekolah
Menengah Atas mengimplementasikan Permendiknas No. 12 Tahun 2007 di kabupaten Deli Serdang.
2.
Untuk mengetahui perekrutan Pengawas Menengah
Atas di Kabupaten Deli Serdang.
3.
Untuk mengetahui pemahaman dan wawasan tentang
kompetensi pengawas Sekolah Menengah Atas di kabupaten Deli Serdang.
D.
Manfaat Penelitian
Adapun manfaat penelitian ini
diharapkan dapat bermanfaat untuk :
1.
Untuk guru sebagai bahan masukan dalam
meningkatkan kinerja dalam pelaksanaan profesi mendidik, mengajar dan melatih
2.
Untuk Kepala sekolah sebagai bahan pertimbangan
dan perbandingan dalam melaksanakan fungsi kepengawasan.
3.
Untuk pengawas sekolah sebagai bahan
pertimbangan dan perbandingan dalam melaksanakan tugas kepengawasan.
4.
Untuk Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga,
sebagai bahan acuan dalam perekrutan pengawas didaerahnya.
RANCANGAN PENGUMPULAN DATA
1. RANCANGAN
WAWANCARA
Wawancara merupakan alat rechecking atau pembuktian
terhadap informasi atau keterangan yang diperoleh sebelumnya. Teknik wawancara
yang digunakan dalam penelitian kualitatif adalah wawancara mendalam.
Wawancara mendalam(in-depth interview) adalah proses memperoleh
keterangan untuk tujuan penelitian dengan cara tanya jawab sambil bertatap muka
antara pewawancara dengan informan atau orang yang diwawancarai, dengan atau
tanpa menggunakan pedoman (guide) wawancara, di mana
pewawancara dan informan terlibat dalam kehidupan social yang relatif lama
Interview adalah usaha mengumpulkan informasi dengan mengajukan sejumlah
pertanyaan secara lisan untuk-dijawab secara lisan pula. Ciri utama dari
interview adalah kontak langsung dengan tatap muka (face to face
relation ship) antara si pencari informasi (interviewer atau informan
hunter) dengan sumber informasi (interviewee).
Jenis interview meliputi interview bebas, interview terpimpin, dan
interview bebas terpimpin (Sugiyono, 2008: 233). Interview bebas, yaitu
pewawancara bebas menanyakan apa saja, tetapi juga mengingat akan data apa yang
dikumpulan. Interview terpimpin, yaitu interview yang dilakukan oleh
pewawancara dengan membawa sederetan pertanyaan lengkap dan terperinci.
Interview bebas terpimpin, yaitu kombinasi antara interview bebas dan interview
terpimpin.
Beberapa hal yang perlu diperhatikan seorang peneliti saat mewawancarai
responden adalah intonasi suara, kecepatan berbicara, sensitifitas pertanyaan,
kontak mata, dan kepekaan nonverbal. Dalam mencari informasi, peneliti
melakukan dua jenis wawancara, yaitu autoanamnesa (wawancara yang dilakukan
dengan subjek atau responden) dan aloanamnesa (wawancara dengan
keluargaresponden) (Sugiyono, 2008: 227). Beberapa tips saat melakukan
wawancara adalah mulai dengan pertanyaan mudah, mulai dengan informasi fakta, hindari
pertanyaan multiple, jangan menanyakan pertanyaan pribadi sebelum building
raport, ulang kembali jawaban untuk klarifikasi, berikan kesan positif, dan
kontrol emosi negatif.
Draf Wawancara atau interview
a.
Wawancara kepada guru
1)
Sudah berapa lama menjadi guru ?
2)
Apa kendala yang sering anda hadapi dalam
dalam melaksanakan tugas?
3)
Bagaimana anda menyikapi kendala tersebut ?
4)
Bagaimana hubungan anda dengan teman sejawat,
kepala sekolah, dan pengawas ?
5)
Seberapa sering pengawas berkunjung ke sekolah
anda ?
6)
Apa yang dilakukan pengawas pada saat
berkunjung kesekolah anda?
7)
Bagaimana peran pengawas bagi anda dalam
melaksanakan tugas ?
8)
Apa harapan anda terhadap pengawas kedepannya
?
9)
Andaikan anda menjadi pengawas, apa yang anda
lakukan dalam meningkatkan mutu pendidikan ?
b.
Wawancara kepada Kepala sekolah
1)
Sudah berapa lama menjadi kepala sekolah ?
2)
Apa kendala yang sering anda hadapi dalam
dalam melaksanakan tugas?
3)
Bagaimana anda menyikapi kendala tersebut ?
4)
Bagaimana hubungan anda dengan teman guru dan
pengawas ?
5)
Seberapa sering pengawas berkunjung ke sekolah
anda ?
6)
Apa yang dilakukan pengawas pada saat
berkunjung kesekolah anda?
7)
Bagaimana peran pengawas bagi anda dalam
melaksanakan tugas ?
8)
Apa harapan anda terhadap pengawas kedepannya
?
9)
Andaikan anda menjadi pengawas, apa yang anda
lakukan dalam meningkatkan mutu pendidikan ?
c.
Wawancara kepada Pengawas
1)
Sudah berapa lama bertugas menjadi pengawas
sekolah ?
2)
Pada usia dan Golongan berapa anda diangkat
menjadi pengawas sekolah?
3)
Bagaimana pengalaman dalam mengikuti perekrutan
(seleksi) menjadi pengawas sekolah ?
4)
Berapa sekolah yang menjadi binaan anda ?
5)
Berapa guru yang menjadi binaan anda ?
6)
Apa kendala yang anda hadapi dalam
melaksanakan tugas ?
7)
Apa yang anda lakukan dalam menyikapi kendala
tersebut ?
8)
Apa harapan anda terhadap dinas pedidikan
dalam meningkatkan mutu pendidikan ?
d.
Wawancara kepada Koordinator Pengawas (Korwas)
1)
Berapa jumlah pengawas SMA yang ada di Dinas
Pendidikan Deli Serdang?
2)
Apa kendala dalam menghadapi pengawas sekolah?
3)
Bagaimana kualifikasi pendidikan pengawas
sekolah saat ini ?
4)
Bagaimana pemetaan wilayah kerja bagi pengawas
sekolah saat ini?
e.
Wawancara kepada Kepala Dinas Pendidikan Deli
Serdang
1)
Berapa jumlah pengawas SMA yang ada di Dinas
Pendidikan Deli Serdang ?
2)
Berapa tahun sekali diadakan perekrutan
pengawas sekolah ?
3)
Bagaimana system perekrutan pengawas sekolah
dijajaran Dinas Pendidikan Deli Serdang ?
4)
Seberapa penting perananan pengawas dalam
meningkatkan mutu pendidikan ?
2.
RANCANGAN
OBSERVASI
Pengamatan
dalam istilah sederhana adalah proses peneliti dalam melihat situasi
penelitian. Teknik ini sangat relevan digunakan dalam penelitian kelas yang
meliputi pengamatan kondisi interaksi pembelajaran, tingkah laku anak dan
interaksi anak dan kelompoknya. Pengamatan dapat dilakukan secara bebas dan
terstruktur. Alat yang bisa digunakan dalam pengamatan adalah lembar
pengamatan, ceklist, catatan kejadian dan lain-lain.
Beberapa
informasi yang diperoleh dari hasil observasi adalah ruang (tempat), pelaku,
kegiatan, objek, perbuatan, kejadian atau peristiwa, waktu, perasan. Alasan
peneliti melakukan observasi adalah untuk menyajikan gambaran realistik
perilaku atau kejadian, untuk menjawab pertanyaan, untuk membantu mengerti
perilaku manusia, dan untuk evaluasi yaitu melakukan pengukuran terhadap aspek tertentu
melakukan umpan balik terhadap pengukuran tersebut.
a. Observasi
partisipatif
Metode
pengumpulan data yang digunakan untuk menghimpun data penelitian melalui
pengamatan dan pengindraan dimana observer atau peneliti benar-benar terlibat
dalam keseharian responden.
b. Observasi
terus terang atau tersamar
Dalam
hal ini, peneliti dalam melakukan pengumpulan data menyatakan terus terang
kepada sumber data, bahwa ia akan melakukan penelitian, sehingga mereka yang
diteliti mengetahui sejak awal sampai akhir tentang aktivitas si peneliti.
Tetapi dalam suatu saat peneliti juga tidak terus terang atau tersamar dalam
observasi, hal ini untuk menghindari kalau suatu data yang dicari merupakan
data yang masih dirahasiakan. Kemungkinan kalau si peneliti menyatakan terus
terang maka peneliti tidak akan diijinkan untuk melakukan penenlitian.
c. Observasi
tak berstruktur
Observasi
yang dilakukan tanpa menggunakan guide observasi. Pada observasi ini peneliti
atau pengamat harus mampu mengembangkan daya pengamatannya dalam mengamati
suatu objek.
Draf Observasi
a.
Ruangan
Pengawas Sekolah di Dinas Pendidikan Deli Serdang
1)
Luas
ruangan
2)
Peralatan
kantor
b.
Laporan
Kerja Pengawas
1)
Laporan
tertulis
2)
Kegiatan
Pokjawas
c.
Disekolah
1)
Mengikuti
pengawas yang berkunjung kesekolah binaan.
0 komentar:
Posting Komentar